Jeans Denim – Banyak orang yang mengira bahwa denim itu yakni jeans. Padahal bila kita mengetahui sejarahnya, antara jeans dan denim yakni berbeda.

Denim masih merupakan pecahan dari fashion anak muda jaman sekarang, bahkan tahun 80-an, denim sudah terkenal di kalangan para penggemar fashion. Jeans pun tahun 80-an juga sudah terkenal. Terus lebih terkenal mana? Ini jawabannya..

Jeans yakni adalah denim yang sudah di proses menjadi celana, sedangkan denim yakni materi dari pembuatan celana Jeans.

Sejarah Jeans dan Denim

Jeans yakni celana jadi berbahan denim. Sebutan Jeans mulai terkenal semenjak LEVIS, sebuah perusahaan celana yang menciptakan jenis celana berbahan denim yang kemudian dinamakan Jeans. Jeans pertama kali di ciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Straus tahun 1873. Celana ini awalnya du desain untuk para pekerja kasar di tambang. Kantung kecil di sebelah kanan atas celana dipakai untuk menyimpan materi hasil tambang.

Denim yakni materi pembuatan celana Jeans. Denim tercipta di sebuah kota di Perancis, yaitu Nimes. Awalnya materi ini disebut ‘Serge de Nimes’ kemudian di singkat menjadi de Nime atau lebih terkenal di sebut Denim. Denim merupakan material kain kokoh yang terbuat dari kain katun twill. Ada juga yang menyebutkan kain denim ini terbuat dari wool serta terdapat juga denim dengan materi dasar sutra yang dicampur wool.

Di awal era ke 17, denim juga eksis di Inggris. Namun banyak yang menanyakan, apakah denim Inggris merupakan hasil impor dari Perancis? Dan sesudah di teliti ternyata di Inggris mempunyai pabrik kain denim sendiri. Setelah itu makin terkenalah kain denim di kalangan para penggemar fashion di Eropa. Nama denim mulai merambat ke daratan Amerika sehingga materi denim dipakai untuk pembuatan celana Koboy.

Bagian-bagian Jeans

1. Rivets

Rivets yakni komponen kecil yang biasanya melekat di persimpangan jahitan celana Jeans. Awal ditambahkannya rivets pada Jeans biar jahitan celana tidak gampang lepas, sebab dahulu pekerja tambang sering mengeluh jahitan Jeans sering terlepas.

2. Jahitan Rantai / Chainstitch

Jahitan celana Jeans ada dua macam, yaitu jahitan biasa dan jahitan rantai (chainstitch). Perbedaannya terletak pada struktur jahitan rantai yang lebih besar lengan berkuasa daripada jahitan biasa.

Macam-macam Jeans

1. Raw Denim / Dry Denim

Raw Denim yakni materi dasar Jeans yang eksklusif dijahit tanpa melalui proses pencucian. Biasanya jenis Raw Denim ini lebih keras dan kaku serta akan luntur seiring dengan seringnya pemakaian dan pencucian.

2. Washed Denim

Washed Denim yakni materi Jeans yang telah melalui proses pencucian, sehingga warna denim secara keseluruhan terlihat lebih cerah. Jenis denim ini akan lebih lemas dari pada jenis Raw Denim.

3. Prewashed Denim

Denim ini sama dengan Washed Denim, perbedaannya hanya pada letak warna yang lebih cerahnya berada di titik tertentu. Perbedaan paling mencolok yakni tipe ini lebih menonjolkan garis lipatan pada denimnya

4. Selvedge

elvedge atau selvage yakni untaian atau jalinan hasil tenun denim yang terdapat pada pecahan samping kain. Selvedge dibentuk untuk menghindari kain yang sudah ditenun terlepas atau terdedel. kata Selvedge sendiri diambil dari frase Self-Edge, yah untuk melindungi diri sendiri

Selvedge denim dihasilkan oleh mesin-mesin shuttle loom renta (mesin buatan tahun 1890-1930an). Awalnya para produsen denim Amerika yang memakai mesin Shuttle loom tersebut, sampai pada tahun 1930an dimana seruan akan denim terus meningkat dan produksi denim memakai shuttle loom hanya bisa menciptakan lebar denim sepanjang 70-80 cm dan setiap satu helai celana membutuhkan sampai 3 yard panjang bahan, menciptakan produsen beralih ke mesin yang lebih modern, dimana mesin bisa memproduksi denim lebih lebar dan produksi bisa lebih cepat. Sehingga shuttle loom tradisional mulai ditinggalkan. Kemudian mesin-mesin tersebut dibawa ke Jepang dan para produsen jeans Jepang tetap memakai shuttle loom sampai kini untuk menjaga ke-autentikan denim mereka.Selain itu para produsen jeans memakai warna yang berbeda-beda untuk membedakan selvedge denim yang mereka ciptakan dengan denim lainnya. sehingga ada yang memakai warna merah, ungu, orange, hijau sebagai color grup band atau color code dari denim yang mereka produksi. via Dr. Ricks Denim

Spesifikasi Denim

1. Twill

tuckshoprailnews.com
Twill yakni alur dari kain denim. Twill terbagi menjadi 2 macam, yaitu Right Twill (sebelah kanan) dan Left Twill (sebelah kiri).

2. Oz

backyarddenim.com
Oz yakni ukuran ketebalan Jeans. Semakin kecil Oz Jeans maka semakin lemas, sebaliknya semakin besar Oz Jeans maka semakin kaku kainnya.